SUBSIDI PENELITI PEMULA, YPSM GULIRKAN DR. MR. H. TEUKU MOEHAMMAD HASAN AWARD

[B. Aceh] Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) memberikan subsidi bagi dosen Pemula di lingkungan Universitas Serambi Mekkah (USM), yang terkemas dalam suatu award/ penghargaan.

Subsidi ini adalah bagian dari penghargaan kepada para dosen yang ulet dan tekun  untuk memperlancar tugas mereka dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Hal ini mengemuka dalam pertemuan antara Ketua Dewan Pembina YPSM, Ir. Teuku Iskandar Shah, dengan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) USM, berlangsung di Kantor YPSM, Kawasan Lueng Bata, B. Aceh, 28/09/2021.

Menurut  Ir. Teuku Iskandar Shah, Dr. Mr. H. T. Moehammad Hasan Award merupakan penghargaan bagi individu dan kelompok, baik internal maupun external USM. Award ini merupakan inovasi YPSM untuk terus mendukung keberlanjutan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemasyarakatan, kemanusiaan, sosial keagamaan dan bidang lainnya yang relevan.

Ir. Teuku Iskandar Shah melanjutkan ‘subsidi penelitian kali ini diberikan kepada internal dosen yayasan yang punya rekam jejak yang baik antara 5-8 kuota. Permohonan mereka akan diseleksi oleh USM dan kiranya hal ini memberikan stimulus dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Penelitian dan PKM’, ujar cucu dari Dr. Mr. H. T. Moehammad Hasan, Pahlawan Nasional tersebut.

Secara terpisah, Rektor USM Dr. T. Abdurahman S.H., Sp.N, didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik, Ir. T. Makmur, M.Si, mengatakan bahwa Dr. Mr. H. T. Moehammad Hasan Award dalam bentuk subsidi penelitian ini nantinya  dikelola oleh LPPM USM.

Karena itu, Dr. T. Abdurahman berharap LPPM untuk segera menyiapkan petunjuk teknis, kriteria, Standar Operating Procedure (SOP) dan hal terkait lainnya. Sehingga  proses seleksi, penyaluran subsidi berikut tahapannya, monitoring dan evaluasi, capaian output, serta pelaporan akan berjalan lancar.

Rektor USM tersebut juga berharap kepada para dosen pemula yang sudah punya jabatan fungsional, maksimal III-c Lektor, punya rekam jejak yang baik, memiliki akun Sinta, E-Learning, Spada dan sistem Online wajib lainnya yang aktif, supaya menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya dengan  mempersiapkan proposal terbaik mereka guna untuk meraih subsidi ini.

Secara terpisah, Muslem Daud, M.Ed, Ph.D (Ketua LPPM USM), membenarkan bahwa Ketua Dewan Pembina YPSM memberikan subsidi terseleksi bagi para dosen pemula yang tekun. Muslem Daud juga menyampaikan apresiasi kepada YPSM dengan menyediakan subsidi kepada para dosen, khususnya para dosen pemula di tengah pandemi Covid-19 ini.

‘Tentu hal ini menjadi energi dan semangat baru bagi para peneliti di tengah terbatasnya anggran penelitian baik dari sumber pemerintah apalagi sumber swasta lainnya’ ujar Ketua LPPM tersebut.

Kiranya pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kian membahana, dan USM terus berjaya. Semoga.

Facebook Comments Box
About LPPM USM 81 Articles
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah merupakan lembaga bidang fokus pengembangan Penelitian dan Pengabdian dibawah Universitas yang mampu meningkatkan SDM internal Universitas.