“Menguatkan Sinergitas Komunitas Sekolah dan Masyarakat Menuju Desa Tangguh Bencana; Pembelajaran dari Aceh”

 “Menguatkan Sinergitas Komunitas Sekolah dan Masyarakat Menuju Desa Tangguh Bencana; Pembelajaran dari Aceh”

Muslem Daud[1], Muhammad Nur[2], Adil Syahputra[3],

Faisal Ilyas[4], Nasir Nurdin[5], & Hasan Di Bangka[6]

Abstrak

 Pengurangan risiko dan penanggulangan bencana adalah tanggung jawab bersama dan dilaksanakan secara komunal dengan memberikan perhatian pada kaum rentan. Sekolah memiliki komunitas besar untuk diselamatkan, dan memiliki kaum rentan terbanyak, yaitu siswa-siswi.  Di satu sisi, sekolah punya program Sekolah Madrasah Aman Bencana (SMAB), dan di sisi lain desa punya inisiatif Desa Tangguh Bencana. Ke dua program dimaksud dapat disenergikan sehingga dapat saling mengisi. Komite sekolah dapat menjembatani kepentingan ini karena mereka memiliki akses langsung ke sekolah dari satu sisi, dan di sisi lain mereka adalah penduduk, dan mungkin  perangkat desa setempat.

Peran komite sekolah dimulai dari peningkatan pemahaman komite sekolah sendiri terhadap isu-isu kebencanaan dan praktek Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Sehingga mereka dapat berperan aktif menjembatani kepentingan SMAB ke dalam rancangan dan program Desa Tangguh Bencana; baik itu berkaitan dengan  jalur evakuasi, akses ke titik aman, dan seterusnya.

Pengalaman PRB di Pidie Jaya Aceh paska gempa Desember 2016, sinergitas komunitas sekolah dan masyarakat sudah berjalan, namun belum menunjukkan kolaborasi yang maksimal. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal antara lain  kurangnya kapasitas komite sekolah itu sendiri dan kurangnya informasi perencanaan Desa Tangguh Bencana dari desa lokasi sekolah berada. Pembenahan-pembenahan diperlukan baik itu berkaitan dengan komunitas sekolah, khususnya komite sekolah dan juga keterbukaan informasi Desa Tangguh Bencana. Sehingga peran komite sekolah lebih maksimal, dan PRB sekolah sekaligus PRB keseluruhan komunitas desa dapat tercapai.

Kata Kunci: Sekolah Aman Bencana;Desa Tangguh Bencana; Forum PRB Aceh

[1] Dosen Universitas Serambi Mekkah dan Wakil Ketua II Forum PRB Aceh

[2] Dosen Universitas Serambi Mekkah dan Anggota  Forum PRB Aceh Bidang Pendidikan

Teknologi Kebencanaan

[3] Koordinator Forum PRB Aceh Bidang Pemberdayaan SDM Kebencanaan

[4] Koordinator Forum PRB Aceh Bidang Pendidikan-Teknologi Kebencanaan

[5] Ketua Forum PRB Aceh dan Ketua RAPI Aceh

[6] Sekretaris Forum PRB Aceh dan Ketua Forum PRB Banda Aceh

Pemateri Muslem Daud, Ph.D menerima cendramata dari BNPB di Lombok, 14 September 2017

 

Artikel selengkapnya sebagai berikut:

Muslem Daud dkk Fullpaper KNPRBBK XIII Lombok Menguatkan Sinergitas .

 

 

Facebook Comments Box