Proposal-Proposal Untuk Subsidi Dr. Mr. Haji Teuku Moehammad Hasan Award Direview

Menyusul pengumunan lulus seleksi administrasi untuk sejumlah proposal Penelitian dan PKM Subsidi Dr. Mr. Haji Teuku Moehammad Hasan Award, maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaksanaan penilaian konten terhadap proposal-proposal dimaksud bertempat di ruang LPPM USM Jumat 12/11/2021.

Guna menjalankan kegiatan ini, LPPM mengundang Reviewer Nasional dan dosen Senior sekelas Dr. Evi Apriana, M.Pd, Dr. Muhammad Saleh, M.Pd, dan Dr. Abubakar Ajalil, M.Si. Para Reviewer terlhat melakukan penelaahan proposal baik dari sisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, metode, dan hasil yang diharapkan.

Tampil sebagai penyaji pertama Vera Vienna, ST, MT (dosen FT USM) yang mempresentasikan penelitiannya berjudul Kombinasi Perlakuan Pati Pelepah Sawit Dan Asam Sitrat Sebagai Koagulan Tambahan Pada Pengendapan Limbah Cair Kelapa Sawit.

Pengaju proposal berikutnya di bidang penelitian adalah Mujiburrahman, M.Hum (dosen FKIP USM)  Mujiburrahman meneliti tentang Dr. Mr. Teuku Moehammad Hasan, dengan berfokus pada Sumbangannya Terhadap Pembangunan Pendidikan Aceh.

T.M. Rafsanjani, SKM., M.H., M.Kes (dosen FKM USM) meneliti Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar Tahun 2021-2022.

Munawir, ST., MT (dosen FT USM) meneliti tentang Sistem Informasi Pengajuan Judul Tugas Akhir Pada Universitas Serambi Mekkah Berbasis WEB dengan Menggunakan Laravel.

Sedangkan Junaidi., S.Pd. M.Pd (dosen FKIP USM) meneliti tentang Pengembangan Alat Ukur Kepercayaan Diri Mahasiswa Penjaskesrek Universitas Serambi Mekkah Dalam Meraih Prestasi.

Sementara itu, dalam bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), tampil penyaji pertama, Nurul Akmal, S.PD, M. Pd (dosen FKIP USM) berjudul Kearifan Lokal Dalam Mewujudkan Lingkungan Produktif (Limbah Kopi).

Sedangkan, Zakaria, S.Pd., M.Si (dosen FKIP USM) akan melaksanakna PKM berjudul Peningkatan Kemampuan Didik Guru Dengan Self Regulated Learning

Salah seorang Reviewer, Dr. Evi Apriana, M.Pd,  mengatakan bahwa proposal-proposal penelitian dan PKM cukup bagus dan layak untuk dilanjutkan. Namun mohon bersabar, kami akan berembuk dan memutuskan. Ada beberapa penyempurnaan yang akan kami sarankan sehingga penelitian dan PKM akan lebih terarah dan memberikan maksimal. Kita berharap ada khabar baik di awal Desember 2021 (sesuai jadwal pengumunan hasil review red#), pangkas Reviewer bersertifikat nasional tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa hasil verifikasi bagian administrasi terkait persyaratan pengajuan proposal baik individu maupun kelompok, maka ada beberapa yang tidak lengkap dan keseluhan yang memenuhi kriteria secara administrasi ada 7 proposal.

Almukarramah, S. Pd, M.Pd yang menangani bidang administrasi LPPM mengatakan bahwa yang berminat mendapatkan subsidi dari Dr. Mr. Haji Teuku Moehammad Hasan Award setelah kami verifikasi ada 7 pengajuan; 5 untuk penelitian dan 2 untuk PKM ’, ujar Almukarramah.

Hal-hal yang kami verifikasi tambah Almukarramah merujuk pada Term of Reference (TOR) yang telah di sahkan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik USM.

Semoga para peneliti dan pengabdi akan lulus pada tahapan berikutnya sehingga penelitian dan pengabdian akan bejalan dengan baik.

Time line Subsidi Dr. Mr. Haji Teuku Moehammad Hasan Award

Waktu Kegiatan PIC

Ket

18 Oktober s/d

06 November  2021

Pengumuman penerimaan Proposal LPPM USM
08-30 November 2021 Proses Seleksi Proposal Reviewer
01-04 Desember 2021 Pengumuman Penerima Subsidi Reviewer-LPPM
06-18 Desember 2021 Proses ADM, Pembekalan LPPM-Narasumber-Peneliti/ Pengabdi
20-31 Desember 2021 Mulai pelaksanaan

(Cair 30%)

Reviewer-LPPM-Peneliti/ Pengabdi
03 Januari s/d

28 Februari 2022

Laporan progres & bukti berita media Reviewer-LPPM-Peneliti/ Pengabdi
28 Februari s/d

19 Maret 2022

Cair 30% LPPM-Peneliti/ Pengabdi Hard dan soft copy laporan progres dan Link berida media
21 Maret s/d 30 April 2022 Laporan Akhir & Bukti jurnal sudah publish Reviewer-LPPM-Peneliti/ Pengabdi
30 April s/d

31 Mei 2022

Cair 40% LPPM-Peneliti/ Pengabdi Hard dan soft copy laporan akhir Link jurnal
02-18 Juni 2022 Pelaporan Keseluruan Subsidi LPPM-Rektorat-YPSM Laporan

 

Facebook Comments Box
About LPPM USM 93 Articles
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah merupakan lembaga bidang fokus pengembangan Penelitian dan Pengabdian dibawah Universitas yang mampu meningkatkan SDM internal Universitas.