Bicara di Konferensi Internasional USM: WHO Serius Tanggulangi Penyakit di Dunia

Staf Ahli PBB bidang Kesehatan Dunia di WHO (World Health Organization), Archana Seahwag, MBBS, DTMPH, MseIH, mengatakan bahwa WHO sangat serius dalam menanggulangi berbagai penyakit secara global. Karena itu WHO bersama badan Dunia lainnya, untuk terus meningkatkan kerjasama sehingga berbagai penyakit menerpa penduduk dunia dapat ditanggulangi dan diminimalisir.

Hal ini terungkap dalam 1st Health International Conference Universitas Serambi Mekkah (USM) yang dimotori oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) tanggal 11 Desember 2021.

Pembicara lainnya dalam International tersebut adalah Maja Emila Marcus, M.A, Ph.D  dari University of Gottingen –Jerman. Sementara Pemateri dari Indonesia diundang Dr. Irwan Saputra, S.Kep., MKM dan Dr. Marthoenis, M.Sc, MPH (Universitas Syiah Kuala).

Kegiatan yang dipandu oleh Septhia Irnanda, Ph.D dan diikuti oleh lebih dari 260 peserta, berjalan cukup menarik karena membicarakan “Global Strategy for the Prevention and Control of Non-Communicable Diseases’. Setelah para pemateri menyampaikan pemaparannya, dialog interaktif diisi dengan tanya jawab berjalan penuh antusias peserta.

Salah seorang mahasiswi tingkat akhir FKM USM yang tidak mau disebut namanya, mengatakan bahwa kegiatan Internasional kesehatan tersebut sangat bermanfaat yang bukan hanya membuka wawasan, tetatpi juga memberikan kesempatan padanya berinteraksi dengan pemateri kelas dunia di bidang kesehatan masyarakat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa setelah sukses melaksanakan International Conference For Multidisciplinary Research (ICMR) bulan lalu, Universitas Serambi Mekkah (USM) akan kembali melaksanakan even berkelas Internasional dengan menghadirkan antara lain Pakar Kesehatan World Health Organization (WHO-Badan Kesehatan Dunia) yang akan berlangsung tanggal 11 Desember 2021.

Kegiatan Seminar Internasional ini berfokus pada bidang Kesehatan Masyarakat dan tema diangkat adalah “Global Strategy for the Prevention and Control of Non-Communicable Diseases

Rektor Universitas Serambi Mekkah, Dr. Teuku Abdurahman, SH, SpN didampingi Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Ismail, M.Kes, menyampaikan apresiasi yang setingginya tingginya terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Apalagi kebutuhan pencerahan dari para pakar internasional kepada masyarakat luar di tengah pandemi Covid-19 ini.

Sementara Ismail, M.Kes menyampaikan, Kegiatan internasional ini merupakan suatu kewajiban dalam dunia akademik dan semestinya dilaksanakan secara rutin setiap semester atau setiap tahunnya. Harapannya seluruh peserta mendapatkan gambaran bagaimana kesehatan masyarakat dapat terus ditingkatkan serta mendapatkan wawasan tentang strategi global dalam menangkal dan mengontrol penyakit tidak menular secara global.

Rafsanjani menambahkan bahwa kegiatan yang turut didukung oleh Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM), LPPM USM, Office of International Affairs (OIA) USM, Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Badan Eksekutif Mahasiswa FKM – USM ini, terbuka untuk umum.

Kiranya, 2nd Health International Conference Universitas Serambi Mekkah, dapat terus dijalankan di tahun 2022 mendatang

Facebook Comments Box
About LPPM USM 116 Articles
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah merupakan lembaga bidang fokus pengembangan Penelitian dan Pengabdian dibawah Universitas yang mampu meningkatkan SDM internal Universitas.