UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH MELAKSANAKAN OLIMPIADE TINGKAT SMA/SMK KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR

Banda Aceh: Universitas Serambi Mekkah (USM) bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah mengadakan kegiatan Olimpiade Sain Nasional untuk siswa Kelas XII Tingkat SMA/SMK Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, pelaksanaan dilaksanakan selama sehari pada hari kamis tanggal 7 maret 2019. Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk menguji kemampuan siswa-siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN) akhir sekolah. Pelaksanaan kegiatan di prakarsai oleh Bapak Saisa, ST., MT selaku ketua LPPM Universitas Serambi Mekkah dan pengelola atau pelaksana kegiatan diketuai oleh Ibu Nur Ainun, S,Pd., M.Pd dalam sambutan acara ibu Nur Ainun menyampaikan pentingnya kegiatan olimpiade dilakukan oleh sebuah Institusi kampus dimana saat siswa berkunjung ke kampus sudah tentu siswa mengenal kampus yang nantinya akan menjadi pilihan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana, selanjutnya ketua panitia juga melaporkan jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan olimpiade berjumlah 77 orang siswa SMA/SMK Kota Banda Aceh dan Aceh Besar siswa yang hadir merupakan siswa yang telah dipilih oleh Guru untuk menjadi peserta yang mengikuti olimpiade, lebih lanjut ibu ketua panitia juga menyampaikan jika kegiatan olimpiade ini dilakukan lebih awal maka akan lebih berdampak pada kampus dan dapat memberikan informasi lebih baik tentang program studi pilihan siswa-siswi peserta olimpiade.

Acara Olimpiade Sain Nasional di buka oleh Bapak Wakil Rektor I Bidang Pendidikan dan Akademik yaitu Bapak Ir. H. T. Makmur, M.Si. Pada sambutan Bapak menyampaikan tentang Universitas Serambi Mekkah dan program studi yang ada di dalamnya, dimana Universitas Serambi Mekkah terbagi menjadi 6 Fakultas (Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Agama Islam) dan terdapat 23 program studi dari 6 fakultas tersebut. Selanjutnya bapak menyampaikan bagi siswa-siswi yang telah memilih kampus Universitas Serambi Mekkah menjadi tempat melanjutkan pendidikan Sarjana silahkan untuk bertanya dan mencari informasi lebih lanjut karena di masa sekarang ini antara kampus Negeri dan Swasta telah memiliki kesamaan dalam segala bidang tidak adanya lagi perbedaan kampus Negeri dan Swasta.

Acara Olimpiade Sain Nasional ini merupakan bagian dari kegiatan Penmaru (Penerimaan mahasiswa baru) Universitas Serambi Mekkah, kegiatan ini terlaksana juga berkat dukungan dari ketua Panitia Penmaru yaitu Bapak Jalaluddin, S.Pd., M.Pd, apresiasi yang sangat bagus dari Bapak Jalaluddin atas terselenggaranya kegiatan olimpiade ini ke depan kegiatan ini akan dipersiapkan lebih baik lagi jika mungkin akan dilakukan untuk seluruh Kabupaten di Provinsi Aceh.

Di era kompetensi saat ini menuntut siapa saja untuk menjadi pribadi yang lebih unggul, siap untuk berkompetisi dengan sehat. Apalagi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi secara mandiri mutlak dibutuhkan dalam rangka menunjang bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang maju, sejahtera dan mandiri dalam suasana yang berkesinambungan. Menyadari hal ini, setiap siswa harus mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi yang dimilikinya. Terselenggaranya kegiatan ini juga merupakan bentuk kerja sama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Serambi Mekkah (LPPM-USM) dalam program kerja dengan berbagai macam kegiatan bersama dengan Dinas Pendidikan Aceh Wilayah I (Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang) dimana kepala Unit Wilayah I Dinas Pendidikan Aceh yaitu Ibu Dra. Lila Rosnilawati dan dibantu oleh ketua MKKS Bapak Misra, S.Pd., M.Pd guna secara bersama memberikan sumbangsih dalam memberikan informasi kepada seluruh sekolah untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan olimpiade ini.

Kegiatan ini kami beri nama Olimpiade Sains Nasional dengan mengangkat tema “Olimpiade Berkualitas Ciptakan Karakter Cerdas Untuk Meningkatkan Pembelajaran di Era Millennial”. Bidang mata pelajaran yang diperlombakan pada Olimpiade Sains Nasional yaitu Kimia, Fisika, Matematika, Biologi, dan Ekonomi melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan siswa serta apresiasi siswa terhadap ilmu pengetahuan dan pendidikan yang dilaksanakan secara kontinyu setiap setahun sekali. Semoga kegiatan yang dapat berdampak terhadap kebutuhan kampus ini terus dipertahankan dan dapat ditingkatkan dengan baik pula. Penulis: Saisa

Facebook Comments
About LPPM USM 6 Articles
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah merupakan lembaga bidang fokus pengembangan Penelitian dan Pengabdian dibawah Universitas yang mampu meningkatkan SDM internal Universitas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*