SEMINAR INDUSTRY GOES TO CAMPUS GENERASI MILLENIAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Banda Aceh: Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah gelar kegiatan Seminar dan Kuliah Umum dengan tema “Industry Goes to Campus: Tantangan Generasi Millennial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan diprakarsai oleh Program Studi Teknik Kimia.

Kegiatan seminar berlangsung sehari dihadiri oleh para peserta siswa-siswi sekolah SMA/SMK/MA Banda Aceh dan Aceh Besar dan dibuka oleh Bapak Wakil Rektor satu yaitu Bapak Ir. T. Makmur, M.P. Kegiatan diawali dengan perkenalan Program Studi di Fakultas Teknik oleh Bapak Muhammad Fahdli, S.Kom., M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknik, dalam penyampaiannya Bapak Dekan mengajak siswa-siswi untuk memilih program studi yang tepat saat melanjutkan kuliah. Program Studi di Fakultas Teknik adalah salah satu solusi untuk menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Beliau juga menambahkan Era Revolusi Industri adalah era dimana semua kegiatan di atur oleh teknologi maka seyogianya siswa-siswi memilih bidang Teknik untuk menjawab tantangan Era 4.0.

Pengisi seminar industri pada kegiatan ini adalah para pakar yang langsung di undang dari industri ternama di Aceh yaitu PT. Semen Andalas Indonesia (PT. Holcim Indonesia) Bapak Fakhri Kamal, ST dan PT. Pupuk Iskandar Muda Bapak Safwat Ardy, ST., MT isi penyampaian seminar adalah menjawab tantangan Era Revolusi Industri 4.0 bagaimana siswa-siswi mampu mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan tersebut, ada 4 hal yang sangat penting dipersiapkan yaitu kemampuan Bahasa Inggris, Komputer, Interpersonal skill dan teknik komunikasi, jika keempat hal itu telah ada maka anda adalah orang yang akan di cari di Era 4.0. Kegiatan seminar dipandu langsung oleh Bapak Saisa, ST., MT selaku moderator dan juga merupakan ketua Program Studi Teknik Kimia Universitas Serambi Mekkah.

Pada penghujung acara para mahasiswa Fakultas Teknik masing-masing Program Studi yaitu Prodi Teknik Kimia, Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Industri, dan Prodi Teknik Lingkungan memperlihatkan inovasi dan kreativitas mahasiswa kepada para siswa-siswa yang hadir, inovasi diperlihatkan supaya siswa-siswa terbuka wawasan untuk tidak salah dalam memilih jurusan saat kuliah nantinya, berbagai kreativitas hasil industri diperlihatkan berupa produk-produk skala kecil seperti minyak wangi, fresh care, minyak vco, arang aktif, lotion, minyak biodiesel, mikroalga, alat penjernihan air, teknologi mobile, dan beberapa teknologi informasi lainnya. Para siswa-siswi sangat antusias mengikuti kegiatan sampai selesai dan beberapa formulir penerimaan calon mahasiswa langsung diperoleh pada saat akhir acara. Salah satu siswa berkomentar Jurusan Teknik adalah Jurusan yang sangat tepat kami pilih untuk menjawab tantangan Era Revolusi Industri 4.0 kami harus mempersiapkan diri dari sekarang untuk menghadapi Era Revolusi yang telah berjalan saat ini.

 Penulis: Saisa, ST., MT (Ketua Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah)

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*