LPPM USM mengadakan Bimtek Pengelolaan Jurnal OJS

Banda Aceh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Jurnal yang telah memiliki Open Journal System (OJS). Pelaksanaan Bimtek pengelola jurnal berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 13 dan 14 Mei 2019 bertempat di Ruangan Kuliah Umum (RKU) Universitas Serambi Mekkah, acara dibuka langsung oleh ketua LPPM-USM Bapak Saisa, ST., MT dalam sambutan pembukaan acara beliau mengharapkan kepada seluruh peserta bimtek harus aktif menerbitkan artikel pada jurnal yang dikelola masing-masing setiap tahunnya memiliki progres yang baik dan sangat diharapkan setelah 2 tahun aktif jurnal yang dikelola akan terakreditasi dalam SINTA (Science Technology Index).

Para peserta pengelola jurnal secara langsung dibimbing oleh pemateri yang kompeten dalam bidangnya dan beliau merupakan anggota Relawan Jurnal Indonesia (RJI) yang sangat aktif pada setiap kegiatan yg dilaksanakan oleh RJI. Bapak Mursalin, S.Pd., M.Pd yang merupakan Dosen di Universitas Malikussaleh memberikan materi pelatihan selama dua hari tentang menyempurnakan setup dan tampilan ojs menjadi lebih menarik, di hari kedua materi yang disampaikan tentang teknis fungsi kerja editor, author dan reviewer dalam tugasnya pada sistem pengelolaan jurnal.

Universitas Serambi Mekkah telah memiliki 25 Jurnal yang aktif pada url https://ojs.serambimekkah.ac.id, dari 25 Jurnal tersebut salah satu jurnal telah terindeks pada SINTA 4 yaitu Jurnal Serambi Engineering sedangkan yg lain diharapkan pada tahun ini ada yang terindeks dan pada tahun 2020 80% jurnal telah terindeks.

Pada penutupan acara peserta melakukan foto bersama dengan pemateri dan penyerahan sertifikat piagam penghargaan kepada pemateri yang secara langsung di serahkan oleh Bapak Jalaluddin, S.Pd., M.Pd selaku Pembantu Rektor 3 Universitas Serambi Mekkah. Bapak PR3 USM sangat berterima kasih kepada pengelola jurnal yg telah aktif semoga dengan aktifnya jurnal yang ada di USM dapat memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan akreditasi Universitas. Penulis: Saisa, ST., MT

Facebook Comments
About LPPM USM 6 Articles
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah merupakan lembaga bidang fokus pengembangan Penelitian dan Pengabdian dibawah Universitas yang mampu meningkatkan SDM internal Universitas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*