LPPM dan Dosen Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Neuheun

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bersama Civitas Akademika Universitas Serambi Mekkah (USM) mengadakan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di desa Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan PKM mengangkat tema “Peran Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Civitas Akademika dalam Penghijauan dan Pelestarian Lingkungan di Desa Neuheun Aceh Besar”. Kegiatan PKM tersebut diprakarsai oleh LPPM Universitas Serambi Mekkah bekerja sama dengan seluruh Dosen USM yang di ketuai oleh Ibu Nur Ainun, S.Pd., M.Pd dan Ibu Eka Marya Mistar, ST., MT sebagai bendahara kegiatan, adapun bentuk kegiatan yang dilakukan berupa penghijauan dengan melakukan penanaman pohon produktif, pembersihan lokasi meunasah, pemberian wakaf Al-Quran dan wakaf Mukenah, serta menyantuni anak yatim di desa tersebut.

Kegiatan pengabdian masyarakat adalah kegiatan rutin dan wajib yang dilakukan oleh Civitas Akademika Universitas Serambi Mekkah yang merupakan bagian dari Tridharma selain dari pengajaran dan penelitian. Bapak Faizan yang menjabat sebagai kepala desa Neuheun dalam sambutannya sangat mengapresiasikan kegiatan PKM ini dimana beliau mengharapkan kegiatan PKM bisa dilanjutkan lagi dalam bentuk kegiatan lainnya yang mampu membentuk dan mengangkat pengetahuan kepada masyarakat apalagi di Zaman perkembangan teknologi yang banyak informasi-informasi dan pengetahuan yang tidak sampai ke masyarakat. Bapak ketua LPPM-USM Saisa, ST., MT sebagai penanggung jawab kegiatan memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara tersebut, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan pengabdian adalah untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat, memberikan informasi teknologi dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan dan ke depan siap melakukan kerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dalam bentuk kegiatan yang langsung berimbas pada masyarakat sebagai contoh memberikan teknologi pembuatan pakan ternak, teknologi pengolahan sumber hasil laut dan budidaya-budidaya perairan yang dapat dikelola oleh masyarakat di desa Neuheun.

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang dibuktikan dengan adanya kebersamaan antara dosen dan perangkat desa dalam melakukan penghijauan dan pelestarian lingkungan, pemberian wakaf Al-Quran dan Mukenah yang langsung diterima secara simbolis oleh kepada desa dan pemberian santunan kepada anak yatim desa Neuheun yang masing-masing diserahkan secara langsung oleh Dosen kepada anak yatim. Pada penutupan kegiatan yang langsung di tutup oleh Bapak Rektor Universitas Serambi Mekkah yaitu Bapak Dr. H. Said Usman, S.Pd., M.Kes menyampaikan kepada kepala desa dan masyarakat untuk terus melanjutkan kegiatan ini dengan membentuk sebuah kerja sama berkelanjutan dan kampus memberikan peluang kepada seluruh masyarakat yang memiliki anak usia Sekolah Menengah yang ingin menempuh atau melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1) USM siap membantu dan memberikan beasiswa bagi masyarakat yang perekonomian rendah atau kurang mampu. Pada akhir penutupan Bapak Rektor mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan pihak kapolsek serta seluruh dosen yang telah terlibat mengsukseskan acara semoga ke depan USM mampu menciptakan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat dan berdampak langsung pada masyarakat di desa Neuheun.

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*