LLDikti XIII Aceh Perkuat PTS Batch II, Ketua LPPM USM Narasumber

[Lhoksumawe] Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh kembali memperkuat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Wilayah Timur  Aceh dengan mengadakan kegiatan workshop untuk  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), bertempat di Hotel Diana, Kota Lhoksumawe, 16-18 Juni 2021.

Keagiatan yang dibuka langsung oleh Kepala LLDikti XIII Aceh, Prof. Dr. Faisal, SH, M. Hum, dipandu oleh Drs. M. Najib, M.Pd, dihadiri oleh sejumlah pimpinan LLDikti XIII, dikuti oleh 27 LPPM PTS pantai timur, khususnya klaster binaan dan LPPM non klasterisasi.

Ketika membuka kegiatan tersebut, Kepala LLDikti menyampaikan bahwa lembaga yang dimpimpinnya terus mendorong supaya LPPM meningkatkan kinerja, sehingga klaster masing-masing LPPM Perguruan Tinggi (PT) terus naik peringkat, dari non klasterisasi ke klaster binaan, dari binaan ke madya dan seterusnya. Naiknya peringkat klaster ini tentu tidak lepas dari berbagai landasan kerja seperti Rencana Induk Penelitian (RIP), Rencana Strategis (Renstra) Penelitian, Roadmap Penelitian, dan seterusnya.

Sementara itu, dalam sesi pemaparan awal untuk membahani peserta, Dr. Muhammad Ilham Maulana, ST., M.Sc. (Sekretaris LLDikti), mengatakan bahwa maju mundurnya LPPM turut dipengaruhi oleh manajerial yang ditinjukkan oleh Ketua/ Kelapa LPPM. Karena itu, ia berharap pimpinan LPPM energik dan terus memacu para dosen untuk berkiprah dalam penelitian dan pengabdian masyarakat, serta melaporkannya dengan baik ke dalam simlitabmas.  Hal ini turut memberikan nilai positif dalam kinerja lembaga LPPM khususnya, dan kinerja PTS pada umumnya.

Ilham menambahkan, guna menyukseskan kegiatan penguatan LPPM PTS batch II ini,  LLDikti memboyong pemateri berkelas dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat dan juga pelaku manajerial LPPM teruji yaitu Prof. Dr. Eng. Nasrullah, S.Si, MT (Universitas Syiah Kuala), Dr. Halus Satriawan, M.Si (Universitas Al Muslim), dan Dr. Muslem Daud, M.Ed (Universitas Serambi Mekkah).

‘Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya dan kami ingin melihat peningkatan klaster PT wilayah timur meningkat dalam tahun-tahun mendatang’ ungkap Sekretaris LLDikti di akhir pemaparannya  16/06/2001.

Ketua LPPM USM Narasumber

Ketua LPPM USM yang diundang sebagai salh seorang Narasumber dalam penguatan PTS Batch II ini, Dr. Muslem Daud, M.Ed, dalam sesi Demo Pengisian Laporan Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (17/06/2021), mengatakan bahwa LPPM harus mengumpulkan data dan informasi kinerja dan hasil kerja  admistrasi LPPM dibutuhkan mulai dari RIP, Renstra, SK-SK, HAKI, MOU, Proceeding, dan seterusnya.

 

Semua data dan informasi kinerja penelitian dan admistrasi dosen (soft copy serta link perlu disiapkan). Para dosen diminta mengupdate penelitian dan publikasinya misalnya di google scolar yg tersingkron dengan sinta supaya memudahkan link jurnal.

Tugas LPPM beserta timnya untuk mengupload data-data dimaksud ke dalam simlitabmas kinerja kemenristek-brin. Sebagai pengalaman, Kemenristekbrin menyampaikan periode pelaporan kinerja LPPM secara terbatas, misalnya diberikan waktu 2 minggu. Artinya, LPPM harus siap-siap sebelum waktu pengisian kinerja disampaikan Kemenristek-brin’ pangkas Dr. Muslem yang sempat meningkatkan penerimaan hibah penelitian LPPM USM hingga 430% tersebut pada tahun 2021 ini.

‘Karena itu, dalam workshop ini paling kurang harus menyelesaikan Renstra Penelitian dan menyempurnakan bagi yang sudah ada’ papar doktor lulusan Taiwan tersebut.

Selanjutnya, ia meminta para peserta untuk membuka laptop masing masing untuk mulai bekerja, diikuti dengan pendampingan mandiri oleh para narasumber lainnya kepada para peserta.

Sebagaimana terpantau bahwa kegiatan ini mengikuti semua rambu-rambu protokol kesehatan (Prokes) dengan menjaga jarak, memakai masker dan mengikuti aturan prokes lainnya oleh penyedia tempat dan juga aturan pemerintah setempat tentang pencegahan Covid-19.

Facebook Comments
About LPPM USM 57 Articles
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah merupakan lembaga bidang fokus pengembangan Penelitian dan Pengabdian dibawah Universitas yang mampu meningkatkan SDM internal Universitas.